Page 11 - Astramagz Edisi Juni 2022
P. 11
RAGAM
45 Tahun di Indonesia
Toyota Kijang Menjadi Ikon Otomotif Nasional
oyota Kijang hadir di Indonesia dengan
konsep basic utility vehicle (BUV).
T Menerapkan spirit Genchi Genbutsu atau
“mengumpulkan fakta langsung dari sumbernya”
dan continous improvement, Toyota mencatatkan
satu per satu milestones bersama Kijang.
“Toyota Kijang adalah bagian penting 50 tahun
perjalanan Toyota di Indonesia,” ucap President Director
PT Toyota-Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda.
Kisah kelahiran Kijang tak dapat dipisahkan dari
program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS)
pemerintah pada awal 1970-an. Di saat bersamaan,
Toyota sudah mengidentifikasi kebutuhan kendaraan
komersial serbaguna berharga terjangkau di negara
berkembang dengan menginisiasi project BUV pada
1972. Toyota Kijang pun lahir pada 9 Juni 1977. Nama
Kijang dipilih sesuai konsep KBNS dan BUV, yaitu
“lincah dan gesit”.
Saat pertama diperkenalkan, Kijang memiliki
“hidung” yang lebih aman ketimbang pick-up dengan
mesin di bawah tempat duduk depan, serta tak ada
gangguan panas dan suara mesin. Keunggulan itu
mendorong produksi tipe cab berlantai. Generasi kedua
Kijang lahir tahun 1981 dan dimulailah era Kijang
penumpang.
Kijang generasi ketiga atau “Kijang Super” hadir
pada 1986 dengan proses manufaktur full pressed body
(FPB) dan mendapatkan improvement perakitan bebas
dempul Toyota Original Body (TOB) pada 1992. “Kijang
Kapsul” merupakan evolusi besar pada 1997. Survei
dan riset membawa kesimpulan untuk fokus pada
kendaraan penumpang ketimbang niaga.
Pada 2002, program Innovative International Multi-
Purpose Vehicle (IMV) melahirkan generasi kelima, Kijang
Innova. Kijang Innova Reborn meluncur pada 2015
sebagai kendaraan keluarga premium. Kijang Innova
Venturer hadir pada 2017. Memasuki era elektrifikasi,
Toyota memperkenalkan Kijang Innova EV Concept
pada ajang IIMS 2022. Pada 2022, total penjualan Toyota
Kijang di pasar otomotif nasional tembus 2 juta unit.
Juni 2022 | www.astra.co.id 9