Page 9 - Astramagz Edisi Juli 2021
P. 9
RAGAM
Sales Farmer Method Solusi Tantangan
Pemasaran Otomotif Modern
tomotif merupakan tahan di masa krisis, memiliki
sek tor yang ter dampak ke mampu an mengelola data-
O signifikan dari resesi base, mendapatkan order dari
ekonomi global imbas pandemi pelanggan lama, dan mampu
COVID19. Diperlu kan formula, mengikuti transformasi digital
metode, dan terobosan, khusus membuka ‘lahan baru’. Kini sales
di bidang pemasaran bisnis pemburu bersifat hit and run
oto motif. Tim sales Auto2000 ter eliminasi, digantikan tenaga
cabang Kalimalang mengem pemasaran yang menjadi ‘petani
bang kan metode analisa big data dan peternak’.
penjualan, serta mengkaji ulang Pendekatan ini, di area sales
pendekatan ‘pemburu’, diganti analoginya seperti petani yang
dengan Sales Farmer Method. mulai dari menabur benih, me
Konsep metode Farmer ialah nanam, merawat, mem beri pupuk,
bagaimana tim sales mam pu panen, hingga meng konversi
men jaga keberlanjutan pe nga leads, men jadi pen jual an. ‘Lahan
lam an pelanggan dari awal pertanian’ yang sudah terbukti
mem beli, memiliki, dan membeli meng hasil kan ialah dari pengelolaan
kembali kendara an Toyota. Fokus harta karun berupa database
pengelolaan Unit in Operation dan pelanggan sales. Per kembangan
peningkatan kerja sama sales, service, teknologi juga menuntut sales
dan value chain untuk me ningkat kan membuka lahan baru dari netizen
profit secara ber kelanjutan. market, dengan membangun leads
Berdasarkan data analisis, dari digital activity, didukung head
tim sales yang masih bisa ber office, cabang, dan personal.
Business Paradigm by
Mr. Sususmu Matsuda.
www.astra.co.id 7 Edisi 7 | Juli 2021